Selasa, 08 Juli 2008

PeLuncuran Album TerBaru

SATCH MUSTERION
Monday, June 09, 2008 15:36:24

Sejak 1 April 2008 lalu, album terbaru seorang virtuoso paling dihormati di jagat gitar, Joe Satriani yang berjudul unik ‘Professor Satchafunkilus and the Musterion of Rock’ (Epic/SonyBMG) telah dirilis. Ini merupakan album studionya yang ke-12, diproduserinya sendiri, plus bantuan dari co-producer/engineer John Cuniberti serta dua musisi pendamping andalannya, Matt Bissonette (bas) dan Jeff Campitelli (dram). Di mata Joe, mereka adalah musisi berbakat
besar yang seolah selalu memberinya tantangan setiap kali menggarap album. “Jika kamu berada dalam satu ruangan
bersama beberapa musisi berbakat, mereka akan mendorongmu (membuat terpacu). Tapi saya tidak keberatan, karena saya tahu bagaimana balas mendorong,” ujar Joe meyakinkan.
Di album ini hanya ada 10 komposisi instrumental, di antaranya adalah ‘Revelation’, ‘Out of the Sunrise’, ‘Asik
Vaysel’, ‘Musterion’ dan ‘Overdriver’. Meskipun awalnya ia mempunyai sekitar 30-40 stok lagu untuk diolah, namun
akhirnya Joe hanya memilih 10 lagu untuk ia kembangkan. “Dengan hanya 10 lagu, saya bisa lebih fokus dan bisa mengerahkan energi maksimal untuk penggarapannya. Karena saya harus yakin lagu-lagu tersebut
bisa memberi makna. Lagipula, nantinya lagu-lagu tersebut akan saya bawa ke tur,
memainkan dan mengeksplorasinya setiap malam,” katanya beralasan. Untuk album ini, Joe mengakui
lebih banyak mendapatkan inspirasi dari pengalaman hidupnya sendiri serta mengenai orang-orang di sekitarnya. Misalnya di lagu berstruktur balada, ‘Revelation’, Joe menulisnya setelah mendengar kabar duka
tentang kematian ayah sahabatnya, Steve Morse (gitaris Deep Purple). Belakangan,
Joe malah merasa lagu tersebut sangat personal, juga berkaitan dengan rasa kehilangannya akan sang ayah. “Saat itulah saya merasa harus terus menulisnya, tak penting lagu itu bagus atau jelek. Lagu itu mempunyai makna, jadi harus dilanjutkan,” katanya.

Tidak ada komentar: